Mak Encuh Orang Tertua di Dunia?

Mak Encuh yang kini berusia 130 tahun, bisa jadi bukan hanya orang tertua di Bandung, namun juga di dunia. Selama ini, predikat orang tertua di dunia disandang oleh Kama Chinen dari Jepang. Namun dia baru saja meninggal awal Mei 2010 lalu atau sepekan sebelum usianya 115 tahun pada 10 Mei.

Penobatan Kama sebagai orang tertua di dunia dilakukan pada September 2009, setelah Gertrude Baines meninggal dunia di Los Angeles pada usia yang ke-115.

Kini predikat orang tertua di dunia beralih ke Eugenie Blanchard, perempuan asal Prancis yang lahir pada 1896. Kemudian posisi berikutnya ditempati seorang wanita Inggris bernama Florence Emily Baldwin yang tinggal di Leeds. Keduanya sekarang berumur 114 tahun.

Jika dibandingkan dengan Mak Encuh, keduanya tentu saja kalah. Bahkan sebelum ditemukan Mak Encuh di Bandung, petugas Sensus di Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya juga menemukan tiga perempuan yang umurnya di atas 100 tahun. Namun usianya masih tetap berada di bawah Mak Encuh. Ketiganya adalah Minah (120), Kalsem (115), dan Suki (107). Ketiganya masih dalam keadaan sehat.
bandungdetik.com(ern/ern)

0 comments:

Post a Comment