Mc Dono Vs Mc Donald's

Krisis moneter dan ekonomi yang melanda di tahun 1997 menyebabkan banyak karyawan yang menjadi korban keganasan PHK, karena banyak perusahaan-perusahaan yang bangkrut dan ambruk. Situasi ini menjadikan semakin maraknya bisnis makanan di Indonesia. Hal ini karena makanan selalu di hunting setiap orang di manapun dan sampai kapanpun. Dengan demikian, makanan sebagai kebutuhan pokok manusia menjadi alasan mendasar untuk pengembangan usaha warung makanan. Tidak jarang yang sukses dan meraih keuntungan dari usaha warung makanan ini. Bisnis ini memang tidak akan pernah mati.Ayam crispy Mc Dono misalnya, salah satu warung makanan yang terletak di Jalan Jawa (selatan Universitas Jember) yang pemiliknya akrab di panggil Udin. Udin termasuk barisan dari jutaan penduduk Indonesia yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Untuk menyambung hidupnya, Udin berusaha untuk melamar ke sejumlah perusahaan. Namun tidak ada satupun lamarannya yang membuahkan hasil. Udin sempat di tempa kerasnya hidup di kota Jember selama lebih dari satu dasawarsa, akhirnya Udin bisa menjadi juragan Ayam Crispy. Dalam waktu tak kurang dari sehari, puluhan kilo nasi + ayam crispy disantap habis oleh para pelanggannya, yang terentang dari golongan bawah sampai atas, khususnya para mahasiswa yang tinggal disekitar kampus.Tak ubahnya dengan ayam goreng Mc Donald yang terkenal sampai se-antero ini, Ayam crispy Mc Dono juga mempunyai rasa yang berbeda dari ayam crispy lainnya. Hal ini karena pemilik warung ini mempunyai resep spesial sehingga rasa dari ayam tersebut mempunyai khas tersendiri. Dari keunggulan rasa yang khas ini, Mc Dono mungkin saja mampu bersaing dengan Mc Donald. Mc Donald merupakan perusahaan besar ayam goreng crispy yang sudah mendunia. Dimana derajat perekonomian para konsumennya mayoritas berasal dari tingkat menengah keatas, harganya pun relatif tinggi. Berbeda dengan Mc Dono, Mc Dono adalah warung lesehan biasa yang para pemangsanya selain dari tingkat menengah kebawah juga banyak sekali dari tingkat menengah ke atas. Mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua semua ada di Mc Dono. Selain itu harga di Mc Dono juga relatif terjangkau, sehingga semua kalangan dapat menikmatinya. Mc Dono merupakan salah satu warung yang terlaris di Jalan Jawa. Mc Dono dapat dikatakan sebagai Pioner warung yang menyediakan menu ayam crispy. Semenjak warung ini semakin laris diburu para pelanggan, banyak sekali bermunculan warung-warung lain yang bermenu ayam crispy juga. Akan tetapi, hal ini tidak menciutkan hati sang juragan Mc Dono sedikitpun, karena dengan banyaknya saingan dapat saja menyebabkan berkurangnya para pelanggan Mc Dono. Oleh karena itu, Mc Dono selalu menjaga resep andalan yang menyebabkan ayamnya selalu di buru orang. Kedepannya, Mc Dono diharapkan dapat seperti Mc Donald, mengembangkan usahanya dengan mendirikan banyak cabang-cabang di daerah tertentu. Disamping itu, Mc Dono harus mempunyai stand-stand baru tanpa menggunakan ”Rombong” lagi.Sehingga warung ini akan semakin besar, terkenal dan tentunya meraih keuntungan yang besar serta dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan.

2 comments:

  1. mantap gan mc dono mantap saya beli 10 bungkus kurang masih hahaha

    ReplyDelete
  2. mantap gan mc dono mantap saya beli 10 bungkus kurang masih hahaha

    ReplyDelete